Powered By Blogger Submit Your Site To The Web's Top 50 Search Engines for Free! Online Marketing

Subscribe Now

Sunday, December 12

Extrasolar planet (Part 1)

        Sebuah planet ekstrasurya, atau planet ekstrasurya, adalah sebuah planet di luar tata surya. Pada tanggal 6 Desember 2010, astronom telah mengumumkan deteksi planet 506 tersebut, dengan kandidat planet ratusan lagi menunggu dikonfirmasi oleh investigasi yang lebih terperinci. Sebagian besar telah terdeteksi melalui pengamatan kecepatan radial dan metode tidak langsung lain daripada pencitraan yang sebenarnya. Kebanyakan planet raksasa diperkirakan menyerupai Jupiter, ini sebagian mencerminkan bias sampling dalam planet yang lebih besar lebih mudah untuk mengamati dengan teknologi saat ini. exoplanets relatif ringan Beberapa, hanya beberapa kali lebih besar daripada Bumi, juga telah terdeteksi dan proyeksi menunjukkan bahwa pada akhirnya akan ditemukan untuk melebihi jumlah planet raksasa. Sekarang diketahui bahwa sebagian besar bintang memiliki sistem planet, termasuk setidaknya sekitar 10% bintang seperti matahari. (Proporsi yang benar mungkin jauh lebih tinggi.) Oleh karena itu, miliaran exoplanets harus ada di galaksi kita sendiri saja. Ada juga ada planet yang mengorbit planet katai coklat dan mengambang bebas yang tidak orbit badan orang tua sama sekali, meskipun sebagai masalah definisi yang tidak jelas jika salah satu dari ini harus disebut dengan "planet" panjang.






      planet ekstrasurya menjadi objek penyelidikan ilmiah pada abad kesembilan belas. Banyak astronom menyangka bahwa mereka ada, tapi tidak ada cara untuk mengetahui seberapa umum mereka atau bagaimana mereka mungkin serupa dengan planet-planet tata surya kita. Deteksi dikonfirmasi pertama dilakukan pada tahun 1992, dengan penemuan planet terestrial-beberapa massa yang mengorbit pulsar PSR B1257 +12. Deteksi dikonfirmasi pertama dari sebuah planet ekstrasurya yang mengorbit bintang utama-urutan dilakukan pada tahun 1995, ketika sebuah planet raksasa, 51 Pegasi b, ditemukan dalam orbit empat hari di sekitar bintang tipe G-51 Pegasi dekatnya. Frekuensi deteksi cenderung meningkat setiap tahunnya sejak saat itu.



     Penemuan planet ekstrasurya telah mengintensifkan kepentingan kemungkinan kehidupan di luar bumi. Pada tanggal [update] 2010, Gliese 581 g, planet keempat dari bintang katai merah Gliese 581, tampaknya menjadi contoh yang paling terkenal dari exoplanet mungkin terestrial mengorbit dalam zona habitasi yang mengelilingi bintang, meskipun adanya Gliese 581 g telah dipertanyakan oleh tim lain astronom dan sekarang terdaftar sebagai dikonfirmasi di Ensiklopedi Planet Luar Tata Surya.

Sumber : Wiki-en

Related Posts


0 Comments:

Post a Comment

Popular Posts This Months

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...