Powered By Blogger Submit Your Site To The Web's Top 50 Search Engines for Free! Online Marketing

Subscribe Now

Friday, December 10

Makanan Musuh Gigi Putih

Pada kehidupan sehari - hari, kita sering kali menkonsumsi makanan dan minuman yang dapat menimbulkan hal yang tidak kita sukai, salah satu dampak yang tidak kita sukai adalah noda pada gigi kita. Untuk mengurangi dampak tersebut ada baiknya anda membaca fakta dibawah ini seputar makanan tentunya.

1. Teh
"Teh adalah minuman yang menyehatkan", kita semua pasti setuju dengan ungkapan yang satu ini, tapi apakah kita tahu kalau teh juga berpotensi membuat gigi kita menguning? Dokter gigi mengatakan bahwa teh dapat menyebabkan noda pada gigi melebihi kopi. Pada penelitian terbaru juga menemukan bahwa teh herbal dan teh putih memiliki potensi mengikie enamel gigi dan menyebabkan gigi menjadi kekuningan.

2. Saus
Siapa yang tak kenal saus, sebagai penambah kelezatan makanan, semua orang kenal dengan yang satu ini, bahkan sebagian besar dari kita pasti sudah pernah menambahkan saus ke dalam makanan untuk menambah kelezatan makanan kita. Tapi perlu diketahui bahwa saus juga memiliki potensi untuk menyebabkan gigi menjadi kuning apalagi saus tomat dan saus kari. Untuk meminimalisasi kekuningan dan tetap mendapatkan kelezatan yang diinginkan gunakanlah saus krim ringan, atau segeralah kumur dan sikat gigi setelah makan untuk mengurangi laju noda gigi.

3. Minuman energi
Makanan dan minuman asam juga bisa menyebabkan perubahan warna gigi. Penelitian terbaru menemukan bahwa minuman yang sangat asam seperti minuman energi dapat mengikis enamel gigi yang bisa menyebabkan pewarnaan gigi. Sebagai saran, ketika berolahraga sebaiknya membatasi asupan minuman ini dan air putih bisa jadi pilihan yang lebih baik.

4. Anggur
Jika makanan atau minuman bisa menodai taplak meja, ia memiliki potensi untuk menodai gigi Anda. Anggur merah, minuman asam dengan molekul pigmen yang disebut tanin dan chromogens, terkenal bisa menyebabkan perubahan warna gigi. Anggur putih bahkan lebih asam dan juga dapat menyebabkan noda pada gigi.

5. Beri
Blueberi, blackberi, ceri, buah delima, dan buah-buahan berwarna lainnya dapat menyebabkan noda gigi. Jus dan kue yang terbuat dari buah-buahan tersebut juga bisa menyebabkan noda. Tetapi zat asam masih dapat membahayakan enamel, jadi pastikan untuk segera menyikat gigi.

6. Soda, kola dan minuman berkarbonasi lainnya
Asam dan chromogens dalam minuman dapat menyebabkan pewarnaan gigi yang serius. Bahkan soda berwarna terang yang mengandung asam dapat mendorong pewarnaan dari makanan dan minuman lain.

Keasaman dalam minuman berkarbonasi begitu kuat bahkan dibandingkan dengan keasaman pada asam baterai. Banyak dari minuman jenis ini mengandung rasa aditif yang menambah efek erosif.

7. Permen dan makanan manis
Permen, permen karet, atau es loli yang bisa mengubah warna lidah Anda, mungkin mengandung zat yang menyababkan pewarnaan gigi.

Hindari noda pada gigi anda

Related Posts


0 Comments:

Post a Comment

Popular Posts This Months

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...