Powered By Blogger Submit Your Site To The Web's Top 50 Search Engines for Free! Online Marketing

Subscribe Now

Friday, September 23

Definisi Telematika

Telematika, pertamakali kita dengar istilah telematika, biasanya orang awam beranggapan kata ini berasal dari Tele (Jauh) dan Matematika (Matematis), jadi jika kita kita bertanya kepada orang awam tentang pengertian telematika kadang kita akan mendapatkan hasil Matematika yang dioperasikan dari jarak jauh. Aneh bukan..
Ada juga yang beranggapan bahwa telematika identik dengan dunia internet di Indonesia. Sebenarnya Telematika merupakan adopsi dari bahasa Perancis. Di Perancis disebut TELEMATIQUE yang dapat diartikan sebagai pertemuan sistem jaringan komunikasi dengan teknologi informasi. Dari bahasa Inggris ada juga TELEMATICS yang merupakan perpaduan dari dua kata TELECOMUNICATION and INFORMATICS yang merupakan perpaduan konsep COMPUTING and COMUNICATION. Istilah telematika juga dikenal dengan The New Hybrid Technology karena didapat dari perpaduan pengembangan teknologi digital.

Lain lagi dengan wikipedia, di wikipedia disebutkan Telematika adalah perpaduan antara Telekomunikasi dan Informatika, tanpa membubuhkan kata Multimedia didalamnya, namun menurut Dr.Moedjiono (Depkominfo tahun 2005-2009) Telematika adalah suatu perpaduan dari :
Tele = "Telekomunikasi"
ma = "Multimedia" dan
tika = "Informatika"

Dalam situs telematika.web.id juga disebutkan bahwa Telematika adalah kepanjangan dari Telekomunikasi dan Informatika tanpa kata Multimedia didalamnya.

Perbedaan antara Bidang Ilmu juga perlu kita perhatikan. Dalam perkembangannya istilah Media dalam Telematika berkembang menjadi Multimedia, sedikit membingungkan memang, karena istilah multimedia pada awalnya merujuk hanya pada kemampuan sistem komputer untuk mengolah informasi dalam berbagai medium/perantara.
Definisi telematika sendiri amat tergantung dari ruang lingkup dan sudut pandang pengkajiannya.

Secara umum, istilah telematika juga dipakai untuk teknologi Sistem Navigasi/Penempatan Global atau GPS (Global Positioning System) sebagai bagian integral dari komputer dan teknologi komunikasi berpindah (mobile communication technology), teknologi seperti ini sudah banyak dijumpai pada sebagian besar SmartPhone keluaran baru baik yang bersistem operasi terbuka ataupun tertutup (sistem operasi spesifik pabrikan)

Sampai saat ini belum jelas benar mana makna sesungguhnya telematika antara "Telekomunikasi, Multimedia dan Informatika" ataukah "Telekomunikasi dan Informatika" saja. Dalam situs http://depkominfo.go.id pun tidak ditemukan makna dari kata telematika itu sendiri.
Pada pergantian istilah - istilah luar menjadi istilah berbahasa Indonesia beberapa tahun lalu, disebutkan bahwa kata IT (Information Technology) telah diganti menjadi Telematika, saya sendiri masih lebih senang menggunakan istilah IT daripada Telematika yang bila diartikan tidak jauh berbeda.

Sedangkan pengaplikasian telematika sendiri sudah banyak terdapat di Indonesia, misalkan:

1. E-goverment
E-goverment dihadirkan dengan maksud untuk administrasi pemerintahan secara elektronik. Di Indonesia sendiri hampir semua provinsinya memiliki E-goverment, E-govement sendiri biasanya berisi informasi - informasi yang terdapat pada daerah dimana E-govement itu dibuat, misalkan diwilayah jawa timur, situs ini berisi informasi tentang jawa timur, misalkan daftar sekolah yang ada di jawa timur, jumlah produksi panen, berita - berita yang terjadi diseputar jawa timur. E-goverment membatasi ruang lingkup hanya pada wilayahnya saja.

2. E-commerce
Semua proses transaksi perdagangan dilakukan secara elektronik. Pada dasarnya E-commerce sama seperti perdagangan pada umumnya hanya pada e-commerce murni pedagang dan pembeli sama sekali tidak bertatap muka langsung. Semua transaksi mulai dari pengiklanan, membuat kontrak jual beli, transfer uang, transfer barang/dokumen/file yang akan dibeli, sampai membuat kalim dilakukan secara online (via web atau email).

3. E-learning
Saat ini belajar sudah tidak harus melalui tatap muka langsung dengan pengajar dikelas, belajar juga dapat dilakukan dengan menggunakan metode pembelajaran jarak jauh atau e-learning, pembelajaran jarak jauh ini bisa dilakukan dengan adanya teknologi telematika (IT). Pendidikan terbuka dengan modus belajar jarah jauh (distance lesrning) dengan media internet berbasis web atau situs.

Telematika juga mempunyai berbagai macam bentuk yang lain misalnya e-medicine, e-laboratory, e-technology, e-research, e-lab dan ribuan situs yang memberikan informasi sesuai bidangnya.

Sumber:
wikipedia
telematika.web.id
asal telematika
staffsite Ibu Karmila

Related Posts


0 Comments:

Post a Comment

Popular Posts This Months

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...