Powered By Blogger Submit Your Site To The Web's Top 50 Search Engines for Free! Online Marketing

Subscribe Now

Sunday, January 16

Sistem Operasi dalam Sistem Operasi

    Anda yang sudah pernah menggunakan lebih dari satu sistem operasi dalam satu komputer mungkin sudah biasa mendengar Dual Boot atau Multi Boot atau dengan kata lain terdapat lebih dari satu sistem operasi di dalam komputer kita.

    Apa itu sistem operasi? singkatnya Sistem operasi adalah program yang bertindak sebagai perantara antara user dengan perangkat keras komputer.

    Nah, kebanyakan dari user di Indonesia menggunakan MS.Windows sebagai Sistem Operasi mereka, tapi tidak sedikit juga yang menggunakan Linux, ada beberapa yang menggunakan Windows dan Linux, lainnya Mac.OS, Solaris, UNIX, dll.

    Jika kita menggunakan Windows sebagai Sistem Operasi dari komputer kita, maka apabila kita ingin menginstal sistem operasi lain harus dengan sistem operasi yang berbeda, misalkan Linux. Bila anda ingin menginstal windows dalam windows anda dengan cara memasukkan CD/DVD instalasi Windows, maka anda akan diberikan 2 pilihan :

    1. Fresh Install   : artinya sistem operasi yang sekarang akan dihapus dan akan di ganti dengan sistem operasi yang ada di CD/DVD instalasi, semua data driver anda akan hilang, serta semua data yang ada pada drive yang sama dengan driver windows akan hilang.

    2. Upgrade        : artinya sistem operasi windows sekarang akan diperbarui dengan windows yang ada di CD/DVD instalasi, data tidak hilang.

    Namun anda tetap memiliki sebuah sistem operasi, tidak seperti keinginan anda yang ingin menggunakan dua sistem operasi. Tidak usah khawatir, ada software gratisan di Internet yang bisa membantu masalah anda, nama software itu adalah Virtual Box.

    Sebuah aplikasi yang dulu berdiri sendiri, lalu diakuisisi oleh sun microsystem, lalu diakuisisi lagi oleh oracle ini mengijinkan anda untuk menginstal lebih dari satu sistem operasi pada komputer anda, dan hebatnya lagi sistem operasi yang di instal disini dapat di artikan sebagai sebuah aplikasi biasa yang artinya anda dapat menjalankannya secara bersamaan, mirip jika anda bermain game :).

    Cara menginstalnya cukup mudah, anda hanya mengikuti instruksi yang diberikan oleh Virtual Box, dan selesai. Cukup mudah bukan, bahkan orang awam saja bisa melakukannya.

Oracle VM VirtualBox Manual

 

karena keterbatasan space HDD, maka saya tidak menggunakan ScreenShot

Related Posts


0 Comments:

Post a Comment

Popular Posts This Months

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...