Powered By Blogger Submit Your Site To The Web's Top 50 Search Engines for Free! Online Marketing

Subscribe Now

Sunday, March 22

Program Menu Pascal

Tampilan Coding Menu:


Coding lengkap program menu pascal:

PROGRAM SATU;
USES CRT;
LABEL 10,20,30,40,50;
VAR INPUT,INPUT2,ALAS,TINGGI,LUAS,BIL:INTEGER;
BEGIN
10: CLRSCR;
WRITELN ('>>>>>>>>>>>MENU<<<<<<<<<<<<<');
WRITELN ('1. MENGHITUNG LUAS SEGITIGA');
WRITELN ('2. BILANGAN GANJIL GENAP');
WRITELN ('3. KELUAR PROGRAM INI');
WRITELN;
WRITELN ('MASUKKAN PILIHAN ANDA');
READLN (INPUT);
CASE INPUT OF
 1: GOTO 20;
 2: GOTO 30;
 3: GOTO 40;
 ELSE WRITELN ('PILIHAN SALAH');
 READLN;
 GOTO 10
END;
20:CLRSCR;
WRITELN ('ANDA MEMILIH PROGRAM LUAS SEGITIGA');
WRITELN ('TEKAN ENTER UNTUK MASUK KE PROGRAM');
READLN;
CLRSCR;
WRITELN ('MENGHITUNG LUAS SEGITIGA');
WRITELN;
WRITELN ('MASUKKAN ALAS SEGITIGA');
READ (ALAS);   WRITELN;
WRITELN ('MASUKKAN TINGGI SEGITIGA');
READ (TINGGI); WRITELN;
WRITELN ('LUAS SEGITIGA ADALAH');
WRITELN (ALAS/2*TINGGI);
READLN;
READLN;
CLRSCR;
WRITELN ('INGIN MENGULANG LAGI ?');
WRITELN ('1 UNTUK YA, 2 UNTUK TIDAK');
READ (INPUT2);
CASE INPUT2 OF
 1: GOTO 20;
 ELSE GOTO 10
END;
30:CLRSCR;
WRITELN ('ANDA MEMILIH BILANGAN GANJIL GENAP');
WRITELN ('TEKAN ENTER UNTUK MASUK KE PROGRAM');
READLN;
CLRSCR;
WRITELN ('BILANGAN GANJIL GENAP');
WRITELN;
WRITELN ('MASUKKAN SEBUAH BILANGAN');
READ (BIL);
IF BIL MOD 2 = 0 THEN WRITELN (BIL,' = BILANGAN GENAP')
ELSE WRITELN (BIL,' = BILANGAN GANJIL');
READLN;
WRITELN ('INGIN MENGULANG LAGI ?');
WRITELN ('1 UNTUK YA, 2 UNTUK TIDAK');
READ (INPUT2);
CASE INPUT2 OF
 1: GOTO 30;
 ELSE GOTO 10;
40: END;
END.


Logika :

Program akan berjalan dengan pertama kali dengan memerika 3 pilihan input kepada kita, dimana input pertama adalah program yang menghitung luas segitiga, lalu input kedua adalah program yang menganalisa bilangan yang kita input, apakah dia bilangan genap atau ganjil, dan input yang ketiga adalah kepuar dari program.
 

Bila input yang kita berikan adalah 1, maka program akan menuju label 20, dimana label 20 adalah menhitung luas segitiga, kita akan diminta untuk memasukkan alas lalu kita akan diminta untuk memasukkan tinggi dari segitiga itu, setelah hasil di dapat, maka program akan menanyakan kepada kita apakah kita ingin mengulangi menghitung segitiga, atau menuju menu utama. Bila kita meninput 1, maka kita akan mengulang program segitiga, bila kita input 2 maka kita akan kembali ke menu utama.



Bila input yang kita berikan adalah 2, maka program akan menuju label 30, dimana label 30 adalah program yang menganalisa bilangan dan mendefinisikan apakah bilangan tersebut adalah bilangan genap atau ganjil. Contoh bila kita menginput 200 maka program akan menganalisa dan menyimpulkan bahwa bilangan 200 adalah bilangan genap, dan akan menuliskan 200 = Bilangan genap. Lalu setelahnya program akan menanyakan apakah ingin mengulangi lagi atau tidak, bila kita input 1 maka program akan mengulangi lagi bilangan ganjil genapnya, bila kita input 2 maka program akan kembali ke menu utama.


Bila input yang kita masukkan adalah 3, maka program akan menuju label 40, dimana label 40 adalah END; maka program akan keluar atau dengan kata lain kita akan keluar dari program.

Related Posts


0 Comments:

Post a Comment

Popular Posts This Months

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...