Powered By Blogger Submit Your Site To The Web's Top 50 Search Engines for Free! Online Marketing

Subscribe Now

Wednesday, September 29

Pengenalan Java


Pengertian Java


Java adalah bahasa pemrograman yang dapat dijalankan di berbagai komputer termasuk telepon genggam. Dikembangkan oleh Sun Microsysten dan diterbitkan tahun 1995. Java tidak sama dengan Javascript, Javascript adalah bahasa scripting yang digunakan oleh web browser. Java merupakan satu dari beberapa kemajuan terpenting di bidang software komputer dalam 20 tahun terakhir. Sama pentingnya dengan HyperText Markup Language (HTML) yang sangat sukses dalam penerbitan homepage static di World wide Web (WWW). Java meledakkan internet dengan isi yang lebih menarik dan interaktif.

Kelebihan-Kelebihan Java

-Multiplatform
Kelebihan utama dari Java ialah dapat dijalankan di beberapa platform/sistem operasi komputer, sesuai dengan prinsip “tulis sekali, jalankan di mana saja”. Dengan kelebihan ini pemrogram cukup menulis sebuah program Java dan dikompilasi sekali lalu hasilnya dapat dijalankan di atas beberapa platform tanpa perubahan. Kelebihan ini memungkinkan sebuah program berbasis Java dikerjakan di atas sistem operasi Linux tetapi dapat dijalankan dengan baik di atas Microsoft Windows. Platform yang didukung sampai saat ini adalah Microsoft Windows, Linux, Mac OS dan Sun Solaris. Penyebabnya adalah setiap sistem operasi menggunakan programnya sendiri-sendiri untuk menginterpretasikan bytecode tersebut.

-Pemrograman Berorientasi Objek
Berorientasi objek (OOP) sehingga memudahkan programmer untuk mendesain, membuat, mengembangkan dan mengalokasi kesalahan sebuah program dengan basis Java secara cepat, tepat, mudah dan terorganisir. Kelebihan ini menjadikan Java sebagai salah satu bahasa pemograman termudah, bahkan untuk fungsi fungsi yang advance seperti komunikasi antara komputer sekalipun.
Artinya semua aspek yang terdapat di Java adalah Objek. Java merupakan salah satu bahasa pemrograman berbasis objek secara murni. Ini sangat memudahkan pemrogram untuk mendesain, membuat dan mengembangkan dan mengalokasi kesalahan sebuah program dengan basis Java secara tepat, mudah dan terorganisir. Kelebihan ini menjadikan Java sebagai salah satu bahasa pemrograman termudah, bahkan untuk fungsi-fungsi yang advance seperti komunikasi antara komputer sekalipun.

-Perpustakaan Kelas yang Lengkap
Java terkenal dengan kelengkapan library/perpustakaan (kumpulan program-program yang disertakan dalam pemrograman Java) yang sangat memudahkan dalam penggunaan oleh pada pemrogram untuk membangun aplikasinya. Kelengkapan perpustakaan ini ditambah keberadaaan komunitas Java yang besar yang terus menerus membuat perpustakaan baru untuk melingkupi seluruh kebutuhan pembangun aplikasi.

-Bergaya C++
Java memiliki sintaks seperti bahasa pemrograman C++ sehingga banyak menarik pemrogram C++ untuk pindah ke Java. Saat ini pengguna Java sangat banyak, sebagian besar adalah pemrogram C++ yang pindah ke Java. Universitas-universitas di Amerika juga mulai pindah dengan mengajarkan Java kepada murid-murid yang baru karena lebih mudah dipahami oleh murid dan dapat berguna juga bagi mereka yang bukan mengambil jurusan komputer.

-Pengumpulan sampah Otomatis
Java memiliki fasilitas pengaturan penggunaan memori sehingga para pemrogram tidak perlu melakukan pengaturan memori secara langsung (seperti halnya dalam bahasa C++ yang dipakai secara luas).

Perbandingan Java dengan Bahasa Pemrograman Lain

Java merupakan bahasa pemrograman OOP tidak seperti bahasa-bahasa sebelumnya yang bersifat prosedural. OOP sangat berguna untuk membuat software yang memiliki banyak Objek yang mirip sehingga pemrogram tidak perlu menulis ulang script untuk Objek-Objek tersebut. Pemrogram cukup menentukan nama ’Class’ dan ’Perilaku’nya dengan meng-assign-kan Class tersebut ke suatu Objek maka secara otomatis Objek tersebut akan memiliki perilaku yang ditentukan.
Dilain sisi penggunaan memori untuk program berbasis Java jauh lebih besar daripada bahasa tingkat tinggi generasi sebelumnya seperti C/C++ dan Pascal (lebih spesifik lagi, Delphi dan Object Pascal). Biasanya ini bukan merupakan masalah bagi pihak yang menggunakan teknologi terbaru (karena trend memori terpasang makin murah), tetapi menjadi masalah bagi mereka yang masih harus berkutat dengan mesin komputer berumur lebih dari 4 tahun. Namun karena Java mempunyai memori yang besar sehingga big num problem bias teratasi.
Bahasa pemrograman C menggunakan pointer sehingga programmer bertanggung jawab untuk membebaskan memory sendiri. Hal ini sering menyebabkan kegagalan memory. Sedangkan pada Java hanya terdapat reference (tidak mempunyai pointer) dan penggunaan memory diatasi oleh garbage collector sehingga programmer tidak perlu bersusah payah untuk mengatur memori.

Related Posts


0 Comments:

Post a Comment

Popular Posts This Months

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...