Sebelumnya Assign dapat digunakan untuk menulis file, sekarang perintah assign dapat digunakan untuk membaca file.
Tampilan coding window
Bila program dijalankan dapat membuka file berbasis ASCII, maka tampilannya:
KODING KESELURUHAN
|
USES CRT;
VAR
BERKAS :TEXT;
KAR : CHAR;
NFILE :STRING;
BEGIN
CLRSCR;
WRITE ('MASUKAN NAMA FILE YANG INGIN DI LOAD : ');
READLN (NFILE);
ASSIGN (BERKAS,NFILE);
RESET (BERKAS);
WRITELN;
WHILE NOT EOF (BERKAS) DO
BEGIN
READ (BERKAS,KAR);
WRITE (KAR);
DELAY (5000);
END;
READLN;
END.
|
Cara Kerja Program :
|
USES CRT;
|
Di gunakan
untuk mendklarasikan jenis monitor yang kita gunakan, dalam hal ini kita
menggunakan CRT (monitor tabung), Uses CRT juga digunakan untuk mengaktifkan
fungsi CLRSCR (Clear Screen).
|
VAR
BERKAS :TEXT;
KAR : CHAR;
NFILE :STRING;
|
Di gunakan
untuk mendeklarasikan Variabel yang di gunakan dalam program kali ini, kali ini
kita menggunakan variable Berkas dengan Tipe Text, Variabel Kar dengan Tipe
Character, Variabel NFILE dengan tipe String,
|
BEGIN
|
Digunakan
untuk memulai suatu proses kerja pada program pascal.
|
CLRSCR;
|
Dapat
digunakan setelah kita menggunakan USES CRT; pada awal deklarasi program, yang
berfungsi untuk menghapus hasil pekerjaan kita sebelumnya pada layar monitor,
|
WRITE ('MASUKAN NAMA FILE YANG INGIN DI LOAD : ');
READLN (NFILE);
|
Writeln
akan menulis “Masukkan nama file yang ingin di load : “ lalu program akan
membaca inputan dari keyboard sebagai NFILE,
|
ASSIGN (BERKAS,NFILE);
|
Menggabungkan
Berkas dengan tipe Text dengan file yang baru di load..
Jadi apapun
bentuk file yang di input akan di definisikan sebagai text, meskipun sebenarnya
itu adalah file gambar.
|
RESET (BERKAS);
|
Menset
ulang variable berkas sebagai hasil load dari NFILE..
|
WRITELN;
WHILE NOT EOF (BERKAS) DO
|
Maksudnya
akan menulis data yang ada pada file berkas ..
|
BEGIN
READ (BERKAS,KAR);
|
Program
akan membaca file berkas sebagai Variabel Kar (Character),
|
WRITE (KAR);
|
Program
akan menulis variable KAR dimana variable kar adalah variable berkas dan
variable berkas sudah di definisikan sebagai Character,
|
DELAY (5000);
|
Untuk
mengatur dalay (waktu tiap karakter akan di tampilkan)
|
END.
|
Selesai.






0 Comments:
Post a Comment