Sebelumnya Assign dapat digunakan untuk menulis file, sekarang perintah assign dapat digunakan untuk membaca file.
Tampilan coding window
Bila program dijalankan dapat membuka file berbasis ASCII, maka tampilannya:
KODING KESELURUHAN
USES CRT;
VAR
BERKAS :TEXT;
KAR : CHAR;
NFILE :STRING;
BEGIN
CLRSCR;
WRITE ('MASUKAN NAMA FILE YANG INGIN DI LOAD : ');
READLN (NFILE);
ASSIGN (BERKAS,NFILE);
RESET (BERKAS);
WRITELN;
WHILE NOT EOF (BERKAS) DO
BEGIN
READ (BERKAS,KAR);
WRITE (KAR);
DELAY (5000);
END;
READLN;
END.
|
Cara Kerja Program :
USES CRT;
|
Di gunakan
untuk mendklarasikan jenis monitor yang kita gunakan, dalam hal ini kita
menggunakan CRT (monitor tabung), Uses CRT juga digunakan untuk mengaktifkan
fungsi CLRSCR (Clear Screen).
VAR
BERKAS :TEXT;
KAR : CHAR;
NFILE :STRING;
|
Di gunakan
untuk mendeklarasikan Variabel yang di gunakan dalam program kali ini, kali ini
kita menggunakan variable Berkas dengan Tipe Text, Variabel Kar dengan Tipe
Character, Variabel NFILE dengan tipe String,
BEGIN
|
Digunakan
untuk memulai suatu proses kerja pada program pascal.
CLRSCR;
|
Dapat
digunakan setelah kita menggunakan USES CRT; pada awal deklarasi program, yang
berfungsi untuk menghapus hasil pekerjaan kita sebelumnya pada layar monitor,
WRITE ('MASUKAN NAMA FILE YANG INGIN DI LOAD : ');
READLN (NFILE);
|
Writeln
akan menulis “Masukkan nama file yang ingin di load : “ lalu program akan
membaca inputan dari keyboard sebagai NFILE,
ASSIGN (BERKAS,NFILE);
|
Menggabungkan
Berkas dengan tipe Text dengan file yang baru di load..
Jadi apapun
bentuk file yang di input akan di definisikan sebagai text, meskipun sebenarnya
itu adalah file gambar.
RESET (BERKAS);
|
Menset
ulang variable berkas sebagai hasil load dari NFILE..
WRITELN;
WHILE NOT EOF (BERKAS) DO
|
Maksudnya
akan menulis data yang ada pada file berkas ..
BEGIN
READ (BERKAS,KAR);
|
Program
akan membaca file berkas sebagai Variabel Kar (Character),
WRITE (KAR);
|
Program
akan menulis variable KAR dimana variable kar adalah variable berkas dan
variable berkas sudah di definisikan sebagai Character,
DELAY (5000);
|
Untuk
mengatur dalay (waktu tiap karakter akan di tampilkan)
END.
|
Selesai.
0 Comments:
Post a Comment